UNIVERSITAS GUNADARMA

Wednesday 2 May 2018

Pengetahuan dan Keahlian


Pengetahuan dan Keterampilan menurut saya dari kedua itu sama sama penting, sebenarnya masih ada satu lagi yaitu (Attitude) tata krama atau sikap. Dari ketiga hal tersebut saling berkaitan karena bila pengetahuan atau ilmu tanpa keterampilan adalah sebuah hal yang sia sia, sebuah kegiatan yang hanya teori tanpa sebuah praktek. Ada beberapa pengertian tentang apa itu pengetahuan dan keterampilan, menurut beberapa jurnal dan para ahli yang pernah saya baca yaitu :

Pengetahuan

Menurut Notoatmodjo (2003), pengetahuan (knowledge) adalah hasil tahu dari manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “What”. Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan, penciuman, rasa, dan raba. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (overt behavior).

Keterampilan

Menurut Dunette (1976), keterampilan berarti mengembangkan pengetahuan yang didapatkan melalui training dan pengalaman dengan melaksanakan beberapa tugas. Menurut Robbins (2000), keterampilan dibagi menjadi 4 kategori yaitu:

Basic Literacy Skill: Keahlian dasar yang sudah pasti harus dimiliki oleh setiap orang seperti membaca, menulis, berhitung serta mendengarkan.

Technical Skill: Keahlian secara teknis yang didapat melalui pembelajaran dalam bidang teknik seperti mengoperasikan komputer dan alat digital lainnya.

Interpersonal Skill: Keahlian setiap orang dalam melakukan komunikasi satu sama lain seperti mendengarkan seseorang, memberi pendapat dan bekerja secara tim.

Problem Solving: Keahlian seseorang dalam memecahkan masalah dengan menggunakan logikanya.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa itu pengetahuan dan apa itu keterampilan menurut para ahli. Bila saya boleh berpendapat mana yang lebih penting dari pengetahuan atau keterampilan, saya berpendapat keterampilanlah yang saya pilih, karena menurut saya praktek lebih baik daripada teori, karena ilmu bisa didapatkan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, bahkan alam pun bila memberikan kita ilmu, kita orang indonesia dikenal dengan orang yang multi talenta yang bisa melakukan keahlian apa saja dalam satu individu berbeda dengan orang orang luar yang hanya bisa melakukan atau ahli dalam satu bidang. Namun bukan berarti pengetahuan tidak penting, pengetahuan juga penting karena itu adalah bekal kita untuk menghadapi dunia.

No comments:

Post a Comment