UNIVERSITAS GUNADARMA

Sunday 16 November 2014

Pengertian Sosial & Kesamaan Derajat

Pengertian Sosial merupakan segala perilaku manusia yang menggambarkan hubungan non individualis. Istilah tersebut sering disandingkan dengan cabang-cabang kehidupan manusia dan masyarakat di manapun.
Pengertian Sosial merujuk pada hubungan-hubungan manusia dalam kemasyarakatan, hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan kelompok, serta hubungan manusia dengan organisasi untuk mengembangkan dirinya. Pengertian sosial ini pun berhubungan dengan jargon yang menyatakan bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Setiap manusia memang tidak bisa hidup sendirian. Seseorang membutuhkan orang lain untuk mendukung hidupnya.
Dukungan ini bukan hanya berarti bantuan, namun dukungan ini berarti juga jaminan seseorang untuk mengembangkan dirinya. Manusia yang bersosialisasi kurang baik dengan seseorang lainnya akan menjadi pribadi yang tidak berkembang sempurna.
Pengertian sosial tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, karena memang diarahkan pada seluk beluk kehidupan manusia bersama kelompok di sekitarnya. Istilah ini juga dapat diabstraksikan ke dalam perkembangan-perkembangan kehidupan manusia, lengkap dengan dinamika serta masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitarnya.
Pengertian sosial memaknai persinggungan antarmanusia, yang kemudian disebut interaksi. Interaksi ini dimulai sejak manusia memiliki hubungan kontrapsikis maupun kontrafisik dengan orang-orang di sekitarnya.
Sekecil apapun bentuk kontrafisik dan kontrapsikis yang dihasilkan, jika memunculkan singgungan atau reaksi secara sosial, misal pengungkapan kata terhadap lawan sosial, sudah berarti interaksi. Hanya bentuknya interaksi sederhana, karena berlangsung secara singkat.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi sosial menurut beberapa ahli :
LEWIS
Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya
KEITH JACOBS
Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas
RUTH AYLETT
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi
PAUL ERNEST
Sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama
PHILIP WEXLER
Sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia
ENDA M. C
Sosial adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan
LENA DOMINELLI
Sosial adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.
PETER HERMAN
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan
ENGIN FAHRI. I
Sosial adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu tersebut
.


Pengertian ips menurut para ahli. Arti sosial. Pengertian ilmu sosial menurut para ahli. Pengertian pedagogik menurut para ahli. Pengertian ilmu pengetahuan sosial. Pengertian pengetahuan menurut para ahli. Definisi sosiologi menurut para ahli.

Definisi pedagogik. Definisi ilmu sosial. Definisi ips menurut para ahli. Pengertian ilmu pengetahuan sosial menurut para ahli. Pengertian warga negara menurut para ahli. Defenisi sosial. Pengertian hubungan sosial menurut para ahli.
Pengertian sosial menurut ahli. Definisi ilmu sosial menurut para ahli. Pengertian interaksi sosial menurut ahli sosiologi. Konsep sosial. Pengertian kewarganegaraan menurut para ahli. Ilmu sosial menurut para ahli. Definisi ips.
Metode pembelajaran. Pengertian monodualisme. Pengertian ilmu sosial dasar menurut para ahli. Definisi pengetahuan menurut para ahli. Pengertian pendidikan ilmu sosial menurut para ahli. Pengertian individu menurut para ahli. Definisi ilmu pemerintahan menurut beberapa ahli.
Pengertian interaksi sosial menurut beberapa ahli. Pengertian sosial adalah. Pengertian pendidikan ilmu sosial. Pengertian ilmu pengetahuan. Definisi pedagogik menurut para ahli. Pengertian pendidikan sosial. Pengertian pengetahuan menurut who.
Sosiologi menurut para ahli. Konsep ilmu sosial. Definisi ilmu pengetahuan sosial. Pengertian pengetahuan sosial. Deferensi sosial. Arti interaksi sosial menurut para ahli. Pengertian dari sosial.
Pengertian ilmu ilmu sosial. Perbedaan sosial. Definisi ilmu sosial dasar menurut para ahli. Devinisi sosial. Definisi ilmu pengetahuan sosial menurut para ahli. Pengertian sosiologi menurut para ahli sosiologi. Proses sosial menurut para ahli.
Pengertian sosiologi menurut beberapa ahli. Ips menurut para ahli. Arti dari sosial. Pengertian ilmu sosial dasar. Pengertian pendidikan ips menurut para ahli. Monodualisme. Teori sosial menurut para ahli.
Pengertian ilmu ilmu sosial menurut para ahli. Pengertian ips menurut beberapa ahli. Pengertian perubahan sosial menurut beberapa ahli. Apa arti sosial. Perbedaan ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sosial. Pendidikan ilmu sosial menurut para ahli. Gambar gambar perubahan sosial.
Arti sosial menurut para ahli. Pengertian sosial menurut beberapa ahli. Perbedaan ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial. Arti ips. Pengertian ips menurut ahli. Definisi ilmu ilmu sosial. Arti monodualisme.
Definisi pengetahuan sosial. Definisi individu menurut para ahli. Definisi pendidikan sosial. Ilmu sosial dasar menurut para ahli. Pengertian ilmu pendidikan sosial. Konsep ilmu sosial dasar. Penertian sosial.
Pengertian sosial menurut. Definisi ips menurut ahli. Pengertian tentang sosial. Definisi sosiologi menurut beberapa ahli. Ilmu ilmu sosial menurut para ahli. Pengertian pemerintah dan pemerintahan menurut para ahli. Pengetian sosial.
Apa pengertian sosial. Pengertian ipoleksosbudhankam menurut para ahli. Defenisi sosiologi menurut para ahli. Arti ilmu pengetahuan sosial. Definisi sosial adalah. Definisi pendidikan ips menurut para ahli. Sosiologi menurut ahli.

Kesamaan Derajat
Kesamaan derajat adalah suatu sifat yang menghubungankan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, maksudnya orang sebagai anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara. Hak dan kewajiban sangat penting ditetapkan dalam perundang-undangan atau Konstitusi. Undang-undang itu berlaku bagi semua orang tanpa terkecuali dalam arti semua orang memiliki kesamaan derajat. Kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai faktor kehidupan.

Contoh Kesamaan Derajat:
A. Dalam lingkungan Berbangsa dan Bernegara:
1. Dibentuknya lembaga peradilan untuk menegakkan hukum dan keadilan.
2. Adanya kebebasan dan pengakuan dalam memperoleh pendidikan, pekerjaan dan penghidupan yang layak.
3. Pemerintah memberikan hak dan kewajiban yang sama kepada warga negaranya.
B. Dalam lingkungan Masyarakat :
1. Aktif dalam musyawarah, kerja bakti dalam masyarakat.
2. Aktif dalam kegiatan social di masyarakat.
C. Dalam lingkungan Sekolah :
1. Sekolah memberikan hak dan kewajiban yang sama kepada murid.
2. Jika ada murid terkena musibah, maka guru dan teman-temanya membantu.
D. Dalam lingkungan Keluarga :
1. Orangtua bersikap demokratis.
2. Orangtua memberikan hak dan kewajiban yang sama kepada anak-anaknya.

3. Apabila salah satu anggota keluarga membutuhkan bantuan, maka seluruh keluarga berusaha membantu.




referensi :

No comments:

Post a Comment